Jun 23, 2009

Sukabumi Punya Segalanya untuk Melancong

Postingan ini terinspirasi dari bahasan Sindo Jabar tentang Kemilau Jabar, dan saya mencoba mengganti objek bahasan dari Jawa Barat menjadi Sukabumi.
Saung IDE : Sukabumi merupakan sebuah wilayah terluas dari provinsi Jawa Barat. Sehingga daerah ini terbagi menjadi wilayah kota dan kabupaten, bahkan sepertinya akan dimekarkan lagi menjadi beberapa kabupaten. Sukabumi seperti wilayah pasundan lainnya memiliki potensi wisata yang melimpah sehingga bisa dikatakan semua kegiatan wisata akan ditemukan disini.

Berbagai potensi wisata di Sukabumi bisa ditemukan dari mulai ujung pantai sampai atas gunung yang tinggi. Sebut saja misalnya Ujung Genteng, sebuah kawasan wisata pantai dan laut yang menjadi sasaran wisata mancanegara yang tak kalah exoticnya dengan pangandaran dan Kuta Beach di Bali. di Ujung Gunung seperti hendak menyentuh langit ada Gunung Gede Pangrango yang tak kalah mentereng namanya di dunia wisata Alam Pegunungan Di Indonesia.

Sagala aya nya potensi wisata di Sukabumi bisa terlihat dengan beberapa objek wisata mulai dari wisata alam, heritage, ekotourism, wisata green product, wisata budaya (kearifan lokal), serta wisata event.
Ujung Genteng dan Pelabuhan Ratu bisa dibilang jadi andalan wisata pantai di Sukabumi yang sudah dikenal luas di mancanegara. Ujung Genteng terkenal dengan Pangumbahan, yang mana disana terdapat lokasi pennyu bertelur yang dilindungi, selain itu ombaknya yang cukup baik untuk melakukan surfing dengan gelombang yang stabil. Pelabuhan ratu terkenal dengan Samudera Beach Hotel, dimana disana katanya bersemayam Nyi Roro Kidul disebuah Kamar yang di keramatkan, pantai Karang Hawu nya pun sudah lama jadi lokasi istimewa untuk berlibur.

Pegunungan yang membentang di Sukabumi tak kalah menarik, Gunung Gede Pangrango tempat bersemayam Bunga Abadi Edelwise yang sering dituju para pendaki gunung. Gunung Halimun yang berada di kaki Gunung Gede juga terkenal dengan kawasan wisata Pondok Halimun (PH), daerah tersebut juga sangat asik buat fun bike dengan menyusuri perkebunan teh perbawati yang berujung di selter Utama menuju Gunung Gede. Beranjak kedalam kita bisa menyusuri jalan setapak menuju Sebuah Curug (Air Terjun) yang elok dan segar.

Wisata budaya dengan warisan adat dapat ditemui dalam perjalanan wisata kearifan lokal Sukabumi. Kampung Gede Kasepuhan Ciptagelar di Sirnaresmi, Cisolok, Sukabumi.(Sindo). Disana bisa kita temukan rumah yang masih khas kampung Adat dan budaya yang masih dipelihara oleh warganya.

Wisata air sebenernya cukup jadi andalan wisata Alam Sukabumi. Arung Jeram Citarik sudah jadi lokasi berbasah-basahan bagi penggiat arung Jeram Tanah Air, selain itu Kuliner atas air seperti Kawasan Lido dengan Rumah Makan atas Danaunya, serta berbagai wisata Air lainnya.

Masih banyak yang perlu digali, seberapa kreatif masyarakat dan pemerintah untuk mengekplorasinya, sejauh itulah kemajuan yang akan didapat dari pariwisata di sukabumi.

Jangan lupa, di Sukabumi sebetulnya masih memiliki banyak lokasi wana wisata yang belum tergarap serta belum populer di telinga penggiat wisata. Potensi wisata kreatif juga sebetulnya sangat mudah di temui disetiap jengkal kota di Sukabumi baik Kota maupun Kabupaten.

7 comments:

Stop Dreaming Start Action said...

Ok, kapan-kapan ingin juga jalan-jalan ke Sukabumi, melihat indahnya Nusantara ini.

Thanks infonya...

Geri Sugiran AS said...

oke ditunggu dengan keramahan orang sukabumi

melly said...

saungkuring

kayak nama restoran sunda yang ada di jalan baru bogor :)
salam kenal mas :)

Redha Herdianto said...

jadi pengen ke sukabumi.... cimahi mananya sih, pengen silaturahmi jg kesana

Geri Sugiran AS said...

@redha, cimahi mah di bandung bro ... maen dha kesana, nanti gw jadi guide

@melly, salam kenal juga ... ada emang resto saungkuring di cibadak tepatnya ... tapi ini bukan mereka, kan belum ada copyright buat blog nya ..

masmpep said...

ah, ya. sukabumi. jawa barat rasanya satu wilayah di pulau jawa yang belum puas saya kunjungi. soalnya sederhana saja, tak ada kerabat saya di tatar sunda. sehingga berwisata di jawa barat tak taktis bagi saya.

tetapi, satu saat. saya mesti menjejak jawa barat. bandung. sukabumi. tasikmalaya. mudah-mudahan....

salam blogger,
masmpep.wodrpress.com

Agus Mulyadi said...

Wah, jadi kangen Sukabumi..., kangen dengan sate cicurug yang aduhai murah namun rasanya meriah....