Sejarah dan informasi tentang Surade

Surade berasal dari sebuah nama seorang bangsawan yang mukim di daerah selatan sukabumi.  Namanya adalah Sura Hadian. beliau merupakan keturunan dari kerajaan galuh yang mengasingkan diri pada saat penjajahan belanda. Kini nama sura hadian lebih dikenal dengan kata “Surade” sehingga menjadi sebuah nama salah satu kecamatan di sukabumi selatan. 

Surade menurut wilayah termasuk ke dalam wilayah 6 Jampang Kulon yang dulu dikenal dengan Kewedanaan Jampang kulon. Meliputi beberapa desa yaitu : PasiripisBuniwangiCipeundeuyCitanglarGunung SunggingJagamuktiKadaleman •  SirnasariSukataniSwakaryaWanasari. Potensi Wisata Ujung Genteng di wilayah Ciracap turut serta membuat Surade dikenal ke seluruh penjuru dunia, selain karena menjadi daerah transit sebelum ke UjungGenteng via angkutan Umum, juga memiliki lokasi-lokasi wisata yang tak kalah menarik dengan UjungGenteng.  Disekitar kota Surade, ada 7 situs  yang bagus untuk diliat. beberapa tempat yang bisa direkomendasikan adalah 4 situs yaitu curug cikaso, curug luhur, curug ciruti dan goa gunung yang bisa dinikmati menggunakan jasa ojek untuk berkeliling.

Surade Juga merupakan wilayah paling ramai di selatan sukabumi, hal itu bisa dilihat dengan adanya ATM, yakni BRI dan ATM Bank Jabar. Beberapa Bank juga sudah membuka cabang di wilayah surade, BRI online yaitu di Kota Surade dan daerah minajaya-cibungur. Bank Jabar, Bank Danamon, Bank NISP dan Muamalat yang berinduk di kantorPos. Dengan adanya ATM dan Bank ini tentunya mempermudah transaksi dan kebutuhan uang cash bagi pengunjung.

Kegiatan IT juga cukup menggeliat dengan adanya Warung Internet yang mulai menjamur di daerah Surade, diperkirakan ada sekitar 7 Warnet yang ada di Surade.

Suatu wilayah akan maju manakala pendidikan menjadi pondasi pembangunan. Hal tersebut menjadi potensi ketika Surade telah memiliki beberapa perguruan tinggi, walau masih dalam status Kampus II atau kelas jauh. sebut saja misalnya UMMI Sukabumi Kampus II Surade, atau Universitas Syamsul Ulum kelas jauh dan beberapa kelas jauh lainnya.


0 Responses
Blogger Templates