May 1, 2016

Melancong Yuk ke Kasepuhan @Ciptagelar - Prolog

Lama juga gak ngeblog, etapi gak ada yang menunggu tulisan terbaru juga dari blog ini, toh untuk bacaan sendiri, paling banter yang kesasar ke Blog ini. Namun, aku harus tetep semangat ngeblog biar gak mubazir beli domain dan merawat blog bertahun-tahun.

Cerita kali ini gak mau panjang-panjang, cuman sedikit berbagi kisah rangkuman perjalanan 5 hari kemarin ke Kasepuhan Ciptagelar, di Cisolok - PalabuhanRatu, Sukabumi.

foto bareng hari terakhir setelah ngala suluh (-Foto Koleksi Kang Gustaff)
Jadi, 5 hari kemarin dapat kesempatan escape to Ciptagelar, melancong ke peradaban 6 abad yang lalu. Seperti memasuki lorong waktu dan kembali ke Jaman 600-an tahun yang lalu, namun uniknya ini nyata dan kehidupan abad ke 15 itu sudah penuh warna abad 21.

Ciptagelar yang juga bagian dari 3 Kasepuhan Adat Banten Kidul yang masih tersisa di Kab Sukabumi, yakni 2 lainnya yaitu Kasepuhan Sinarresmi dan Ciptamulya yang berada tidak berjauhan, menurut cerita baris kolot 3 Kasepuhan ini berawal dari 1 Kasepuhan yakni Ciptarasa. 


Cerita bagian-bagian dari 5 hari di Ciptagelar ini akan saya bagi dalam beberapa postingan, karena banyak banget cerita di Kampung ini. Saya harus bilang, disinilah surga content budaya, kuliner dan kehidupan di Desa yang mengacu 6 abad yang lalu.

Biar gak penasaran, bocoran dari cerita tersebut adalah, saya akan cerita kenapa bisa diculik hingga mendadak kabur dari rutinitas menuju kampung di kaki Gn HalimunSalak yang jauhnya 5 jam dari pusat Kota Sukabumi. Cerita juga akan membahas pemanfaatan Teknologi di kampung yang dianggap jauh dari peradaban kota, bahkan kota bisa jadi jauh tertinggal dari pemberdayaan masyarakat utk pemanfaatan Teknologi. Terakhir, saya juga akan bercerita tentang hal-hal unik, remehtemeh, dan sangat bagus untuk diangkat dari keseharian di Ciptagelar, minimal dari 5 hari yang saya rasakan disana.

Oke, untuk hari ini itu aja dulu ya, masih mau nyiapin tempat ngeblog yang nyaman nih :) see u

1 comments:

Cumilebay MazToro said...

Baca tulisan ini jadi inget sudah 9 tahun pengen kesini ngak kesampean mulu hahaha