Jul 13, 2012

Kisah 4 Mahasiswa Korea Melancong ke Indonesia jadi RelawanTIK di Surade

Korea IT Volunteer berpose di Curug Cigangsa - Surade

Ini bukan laporan kegiatan, atau reportase untuk sebuah kegiatan internasional. Ini adalah kisah yang ingin saya sampai dengan cara menuturkan apa yang terjadi dengan keempat orang mahasiswa asal korea yang merelakan waktu dan uangnya untuk pengembangan TIK di Indonesia, Sukabumi khususnya.

suasana akrab di rumah penduduk

Apapun yang dimasak selalu suka
Saya akan menceritakan siapa mereka, keempat orang yang masih muda, punya kemampuan dalam TIK dan mau berbagi dengan kita yang masih terbatas untuk menyampaikan materi-materi TIK ke pelosok negeri. Mereka adalah Kim Hee Yoon (Bart), Kim Sung Jin (Edie), Cho Ju Hye (Yulie), Park Jin Sung (Aroon) dengan bekal pengetahuan teknologi ala Korea serta pengetahuan kebudayaan mereka berbaur di sukabumi mulai tanggal 7 juli sampai dengan 23 agustus 2012.

Sosialisasi di Acara MOS SMK BinaBangsa - Surade

Foto Bersama setelah Sosialisasi di MOS MAN Surade

Bersama Guru dan Staff SMAN 1 Surade

Kegiatan yang sudah berjalan, di Warnet Desa sudah terdapat 3 Kelas TIK yaitu kelas MS office yang berlangsung pukul 19.00 - 20.30 dengan jumlah siswa 7 orang dari warga sekitar Warnet. Kemudian siang pukul 15.00 - 16.30 terdapat kelas Foto Editing dengan siswa campuran antara Siswa SMA dan Guru yang mendaftar secara Mandiri. Dan yang terakhir kelas Ms Office untuk generasi muda lulusan SMA berjumlah 5 orang, kegiatannya dilaksanakan pukul 10.00 - 11.30 pagi hari.
Materi MS Powerpoint kelas Malam

didampingi penerjemah dalam materi 

Mendampingi langsung siswa dalam kelas

Semangat ngajar dikelas kecil

Di sela-sela waktu, #KIVSukabumi yang di dampingi relawan TIK Sukabumi berkunjung ke tempat-tempat wisata agar mampu menceritakan kepada dunia, khususnya negara mereka di Korea bahwa Sukabumi merupakan tempat yang indah. Ada banyak Tourism Area yang bisa mereka kunjungi dalam kegiatan mereka selama 1,5 bulan, sehingga bisa dilakukan di waktu luang mereka.

Berkesempatan Jalan-jalan dengan Guide Resmi UGTourism

Menikmati Keindahan Surade

Latar Curug CiGangsa yg exotic

bersambung lagi-

2 comments:

FK PNPM said...

I appreciate to community learningship concern for this activity. God Bless U

resmayanti resti said...

kereeen (y)