Dec 25, 2012

Tetaplah Berbagi Apapun Yang Terjadi

Saat Berbagi di Saka Telematika RaidaXXIIJabar 
Pernah gak kalian punya ide, dan tak ada yang menyambutnya? kalo saya sering banget. Terus, yang saya rasakan kala itu adalah down! lalu merasa bahwa ide saya jelek  banget dan sangat-sangat tidak menarik. Ini sangat tidak menyenangkan pastinya, ngebikin hilang mood dan bisanya males banget ngeluarin ide.

Lalu, suatu saat saya tiba-tiba melihat ide saya dilakukan beberapa orang yang saat itu mengabaikan. Bahkan juga pernah, ide yang saya perdebatkan ternyata malah jadi sandaran salah satu yang kontra sebagai pijakan dia melakukan sesuatu. 

Wow! saya benar-benar harus bilang wow. Ini ternyata kejutan buat saya, saya merasakan perasaan lain yang sangat tak terdefiniskan. Ya, saya bangga, walau sedikit ada rasa bertanya, kok bisa sih orang yang mendebat ide kita melakukan apa yang kata dia tidak tebat?

Oke, saya benar-benar mendapatkan pelajaran yang sangat berharga. Artinya saya mulai berpikir ulang atas segala proses ide yang saya pikirkan, saya tawarkan kepada beberapa pihak, ide yang tidak hanya mengendap dalam pikiran saya. Saya harus benar-benar merubah polapikir saya tentang ide dan proses melemparkan ide.

Pelajaran itu, jangan pernah menganggap ide kita tidak diterima oleh orang lain. Bahwa ada proses ketika kita melemparkan ide, lalu orang akan mencernanya, walaupun dengan perdebatan, sanggahan serta bisa jadi menyepelekan apa yang kita tawarkan. Kemudian, tunggu beberapa waktu berjalan. Jangan kaget, ketika ide yang sebelumnya dibantah, disepelekan akan menjadi sesuatu yang dilakukan banyak orang tanpa kita sadari.

Artinya, jangan pernah menganggap sepele atas ide yang kita bagikan. Bahkan apa yang kita bagi, adalah sesuatu yang kita tebarkan berupa benihbenih yang di dunia maya justru menjadi ensiklopedia ide bagi orang lain. Maka, tetaplah berbagi ide, jangan menyerah karena ide kita dibantah, yakini bila benar dan baik, konsisten dan fokus untuk menjalaninya. 

5 comments:

Titik Asa said...

Setuju pisan Kang. Tetap berbagi ide lah. Atau berbagi apapun hal-hal yg bisa kita ambil pelajarannya, walau sesederhanapun itu adanya. Ya, seperti yg kita lakukan lewat media blog ini...
Salam,

Kang Geri said...

makasih kang titik asa, setiap komentar yang masuk menambah titiktitik asa dari blog ini kang, nuhun, semoga ide2 yang ditebar menjelma karya walaupun di tangan orang lain

kamu tebak saja siapa saya x)) said...

ironis memang, kita tak bisa mengelak. sejak kita hidup di tengah dunia di mana tak ada lagi hal yang penting selain pasar. termasuk ide atau apalah itu. engkau harus menghisap orang lain jika tak mau dihisap. ya saling hisap..

nikmati hidupmu saja kawan. lakukan apapun itu yang kamu percayai. karena toh masa depan belum tertulis :D

Ari Tunsa said...

berbagi dengan ngeblog adalah hal yang kusuka :D
salam

Milo said...

yang namanya pikiran manusia, bisa berubah-ubah tanpa pemberitahuan *emang harga tiket?*

seiring berjalannya waktu dan bertambahnya pengalaman hidup, sudut pandang seseorang terhadap suatu hal bisa saja berubah.