Nov 4, 2023

Cerita tentang Surade dan Ciracap serta kota-kota lainnya di kehidupan saya - Catatan Pulang Melancong Part 2


Pantai Pantan, Kecamatan Ciracap

Saya akan mulai banyak bercerita tentang 2 kecamatan di akun ini, kenapa 2 kecamatan? karena saat ini saya menjadi warga resmi Kecamatan Ciracap, namun aktivitas kreatif dan komunitas plus tempat nongkrong sambil ngopi saya di Kecamatan Surade.

 

peta kecamatan ciracap

peta kecamatan surade
 

2 Kecamatan ini juga punya sejarah yang panjang bagi saya dan keluarga, karena keluarga besar saya berasal dari Surade, dan saya lahir serta memulai kehidupan anak-anak hingga jelang dewasa di Surade. Setidaknya saya berada di Surade sekitar kurang lebih 15 tahun yaitu sejak lahir tahun 1981 di Desa Pasiripis Kecamatan Surade hingga lulus Sekolah Menengah Pertama di SMPN 1 Surade. Setelah itu saya mulai meninggalkan Surade cukup lama, 3 tahun mengenyam SMA di Cibadak, sepuluh tahun kurang lebih di Lampung untuk menimba ilmu di Universitas Lampung hingga nyoba belajar usaha hingga akhir 2008, lalu 2008 - 2009 loncat ke Pulau Bangka sebagai tenaga buruh di Perkebunan Sawit, kemudian nyoba balik kampung ke Kecamatan Surade buka warnet sambil tiap bulan bolakbalik ke Lampung hingga akhir 2010.

 

kegiatan pelatihan blog di lampung akhir 2010

Sejak 2011 mulai hidup di Sukabumi walau sambil berpindah-pindah rumah, kostan, kontrakan, sekretariat hinggal 2015 di Kota Sukabumi. Kemudian hijrah 2 tahun ke Kota Bandung dan kemudian kembali ke Sukabumi di tahun 2017.

 



2018 saya ditakdir kan kembali ke Tanah Perjuangan Bapak di Kecamatan Ciracap seperti yang saya ceritakan di sini >> https://www.pelancong.id/.../kembali-ke-tanah-perjuangan... walau pun masih tetep beraktivitas kreatif di Kota Sukabumi.
Setidaknya saat ini sudah menginjak tahun ke-5 saya memiliki Kartu Tanpa Penduduk warga ciracap. Namun, saya belum merasa sebagai warga ciracap karena belum punya aktivitas serius sebagai warga, selain jadi jamaah Masjid di kampung dan tetangga bagi beberapa warga sekitar yang bisa dihitung jari yang kenalnya.

 


Selama 5 tahun di Ciracap, saya justru banyak beraktivitas di Surade, setidaknya pernah punya sejarah 3 bulan merintis usaha ojek online Kururio yang sembat ngaspal dari mulai kecamatan ciracap, surade hingga jampang kulon. Tongkrongan sekaligus tempat basecampnya di Lets Coffe Store walau pun akhirnya perjuangan itu terhenti karena berbagai hal.

 

Surat Verifikasi Google Bisnisku dari Lokasi Bisnis Kedai yang dikelola

Sempat juga beberapa bulan belajar mengelola media sosial sebuah kedai dan mengawal aktivasi digital marketingnya dan juga akhirnya bubar jalan.
(Bersambung Part 2)

0 comments: