Nov 5, 2023

Cerita Keseruan Festival Produk IKM Khas Geopark - Sekaligus gunting pita Sentra IKM Opak Ketan Jampang di Surade


Kalo bukan karena diajak kang
Fery Irawan mungkin saya gak tau bakal ada acara keren di Surade, yang saya tau pas saya isi bensin di Pom Bensin cirangkong, saya melihat ada sebuah Gedung megah warna kuning dengan tulisan SENTRA IKM OPAK KETAN JAMPANG.



Pajampangan memang terkenal akan Opak jampang, seperti yang disampaikan Bupati Sukabumi pada saat sambutan tadi siang, bahwa untuk membranding pajampangan, carilah ssuatu yang sudah melekat diingatan orang jampang maupun yang pulang dan pergi dari Jampang.


Maka wajar kalo untuk mengenalkan pajampangan lebih mendunia, munculkan secara maksimal potensi produk secara spesifik dan sudah dikenal di masyarakat, lalu fokus untuk memajukankan, baru setelah ramai, kembangkan berbagai hal pendukung dari ekosistem itu.
Opak Jampang sendiri sudah populer menjadi oleh-oleh yang biasa dibawa dari Surade dan jampang kulon, walaupun bisa ditemui di setiap rumah dikala lebaran dan hajatan di seantero pajampangan. Terutama Opak ketan yang khas dengan tampilan opak kembung yang dibuat dari 100 beras ketan.




Nah, saat diajak owner Teluh Jampang untuk turut terlibat dalam memeriahkan launching sentra IKM ini, saya tanpa pikir panjang langsung mengiyakan, karena memang ini bakal sangat menarik, apalagi bakal terlibat puluhan produk IKM Khas Geopark dari 8 kecamatan yang ada di wilayah Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark.


Beberapa catatan yang ingin saya tulis di sini mumpung saya ingat, nanti saat Sentra IKM Opak Ketan Jampang ini jadi, ini harus jadi pusat pengembangan produk-produk di pajampangan, khususnya di kecamatan Surade. tempat ini juga bisa menjadi HUB bagi pelaku IKM dengan penggiat ekonomi kreatif sehingga bisa terjalin kolaborasi yang asyik demi kemajuan pajampangan.

14 comments:

Yuni Bint Saniro said...

Seru pasti ya. Namanya festival berasa kayak surganya IKM. Ada kesenangan tersendiri kalau nengokin produk-produk khas begini tuh.

Antin said...

Ah suka banget sama opak ketan, sayangnya kalau di Jakarta masih susah nyari opak ketan. Seru nih kalau ke festival IKM gini, jadi bisa sekalian jajan hehe

Gita said...

Jujur saya baru denger sekarang nih nama tempat Pajampangan sama Surade. Saya jadi auto googling deh.Ternyata ternyata tempat2 tersebut punya fakta-fakta unik yang menarik untuk diktahui ya. Jadi penasaran pengen coba opaknya hehe

Okti Li said...

Ah sudah lama tak main ke Surade. Sekarang pasti sudah menjadi kota besar ya?
Kangen nongkrong di depan kaumnya. Hehe...
Sekarang pelaku bisnis di Surade keren dan modern ya. Pengen banget main ke sana

Henny said...

Selain dengan memilih produk daerah yang sudah menjadi ciri khas, upaya membranding ya pastinnya dengan mengajak insan-insan yang bisa memberi kontribusi untuk memperkenalkannya ke dunia. Salah satunya ya blogger, hehe. Semoga Festivalnya berjalan lancar dan semakin mendunia.

April Fatmasari said...

Kalo ada acara festival gitu, cocok deh untuk memperkenalkan budaya khas daerah seperti kulinernya. Saya baru tahu tentang opak ketan ini. Surade itu di Sukabumi ya, Kak? Penasaran, tadi googling

Anonymous said...

Baru tau ada opak jampang, udah lama banget ga ke sukabumi, kangen sama mocinya. Itu nama brand Teluh Jampang ko unik gitu yah

Nurrahmah Widyawati said...

Padahal pernah tinggal di Sukabumi 1 tahun, tapi asing sama Surade hehe. Familiarnya Jampang kaya pernah dengar. Festival seperti ini pastinya menyenangkan ya kak. Jadi cobain kulinernya. Jadi makin di kenal masyarakat luar juga.

Lia Yuliani said...

Oh jadi opak Jampang ini berasal dari Sukabumi. Bisa dijadikan oleh-oleh nih kalau ke Sukabumi.Seneng juga ya datang ke acara sentra IKM Opak Jampang Surade.

Amir said...

Belum pernah sih coba opak kayak apa. Tau makanan opak dari film keluarga cemara jaman dulu.

SHalikah said...

Rasanya belum pernah coba Opak Ketan Jampang ini. Seperti apa ya Kak opaknya? Menarik nih acara-acara festival produk seperti di IKM Geopark ini. Semua bisa lebih mengenal apa saja produk lokal yang ada di sana ya jadinya.

S. Fauzia said...

Selalu tertarik untuk datang ke festival IKM. Wah, ada sentra opak juga di sana. Semoga nanti bisa berkunjung. Pengen icip dan buat oleh-oleh juga.

feryefend said...

Pasti seru banget acara seperti ini, apalagi seputar bisnis. Kebetulan aku juga pelaku bisnis kecil-kecilan, jadi kegiatan seperti ini akan sangat membantu dalam pengembangan bisnis serta pemasaran produk

lendyagassi said...

Ada maknanya gak ya.. dari nama brand Teluh Jampang?
Soalnya Sukabumi bahasanya gak murni Sunda ya.. rasanya kecampuran sama widal.
Pastinya acara seseru IKM Opak Jampang Surade harus terus rutin diadakan, sehingga bisa mengenalkan banyak produk ciri khas Sukabumi.