Oct 10, 2013

Sukses membuat "bingung" 47 mahasiswa STIKES Sukabumi

Sukses membuat "bingung" 47 mahasiswa Stikes Sukabumi

Kebingungan itu biasa bagi orang yang berfikir, karena ketika bingung itu kamu sedang berfikir atas kejadian yang sedang berlangsung. Yang jadi masalah adalah ketika kamu bingung dari apa yang kamu bingungkan, biar clear makanya coba dech tulis apa yang membuat kamu bingung. Alhasil, kamu akan berfikir lebih keras lagi atas apa yang terjadi dalam kebingungan kamu.

Setidaknya itu yang muncul pada kegiatan pertama saya ketika memberikan kuliah "kebingungan akan blog"  di kampus Stikes Sukabumi. Oh iya, materi kuliah yang benernya sih "Sistem Informasi kesehatan", namun dalam mata kuliah ini coba di masukan konten mengenai pentingnya blogging dalam memproduksi informasi kesehatan di dunia pendidikan.

Sebetulnya saya juga termasuk bingung, mau ngasih materi apa dari blog utk disampaikan kepada mahasiswa yang pola fikirnya lebih ke dunia kesehatan daripada teknologi informasi. Namun, tentu ini tantangan tersendiri bagi saya sebagai relawan TIK utk mentransformasi materi teknologi informasi dalam hal ini turunannya berupa materi Blog kedalam sebuah domain besar Sistem Informasi Kesehatan.

Dari awal saya mencoba keluar dari zona orang IT, mencoba menyelami dunia kesehatan sehingga bisa ditemukan benang merah dengan teknologi informasi. Setidaknya, bagaimana memunculkan kebutuhan sistem informasi bagi dunia kesehatan dalam lingkup paling sederhana. Kesederhanaan juga merupakan poin penting agar si mahasiswa tidak dibawa terbang tinggi dari sebuah informasi SIK, dan mencoba di terjemahkan dalam kebutuhan real pentingnya sistem informasi kesehatan.

Dikaitkan dengan Blog, saya memikirkan bahwa informasi kesehatan itu perlu di bangun sejak dini oleh mahasiswa di kampus, selain saat menerima materi-materi kesehatan, maupun saat mereka menemukan berbagai masalah dalam mempelajari ilmu-ilmu kesehatan baik dari literatur maupun saat menemukannya melalui pengamatan di lapangan. Kenapa blog?  karena terus terang utk menuliskan dalam sebuah laporan yang ilmiah kadang justru jadi beban tersendiri bagi mahasiswa yang sangat tidak terbiasa dalam dunia literasi.

Dengan blog, diharapkan ada unsur menyenangkan dalam memproduksi informasi kesehatan yang selama ini dianggap serius dan harus ilmiah. Disini bisa dibilang memproduksi informasi kesehatan dengan sudut pandang yang lebih ngepop, harapannya sih itu. setidaknya, saya mencoba akan menyampaikan hal ini kepada mahasiswa di pertemuan selanjutnya agar mahasiswa tidak terlalu bingung, kenapa harus belajar ngeblog bagi mahasiswa kesehatan melalui mata kuliah Sistem Informasi Kesehatan.

8 comments:

adetruna said...

jadi pengen jadi audiens si om blekgeri kapan yaaa?

"Titik Asa" said...

Saya membayangkan pasti Kang Gery ini dosen yg menyenangkan. Banyak humor pastinya.
Salut keluar sejenak dari kotak. Memberi pencerahan tentang pentingnya blog sbg salah satu sarana untuk bertukar informasi. Informasi apapun, bahkan yg paling sederhana pun dapat dituliskan dlm blog.
Janten kabita hoyong ngajar oge yeuh sim kuring...hehehe

Salam,

Kang Geri said...

kang @adetruna : wahhh masa saya ngajarin senior blogger ... saya jadi audiens atuh, kang ade jadi pemateri :D

@kang bambang : ternyata humor saja tidak cukup utk mereka tidak bingung, diperlukan cara #menguraibingung ... ini yang akan coba saya bedah kang :D

dobelden said...

Dr SIK live cycle terlihat blog hanya bagian kecil, bagian besarnya berpotensi tambah bingung haha...

Unknown said...

dan sampai sekarang sayapun masih bingung pak,hehe

Unknown said...

awalnya menyerappp pak tapi karena makin lama makin gak ngerti jadi bingung pak... mohon maaf hehehe

Anonymous said...

makasih pk untuk materinya hari walaupun masih bingung hahaha,,,dikarenakan minim nya wawasan dan pengetahuan saya
mungkin kebingngan hari ini akan menjadi titik balik keterbukaan pemikiran saya dalam hal ngeblog

Jogja Sleeping Bag said...

terus berbagi