Nov 5, 2023

Discover Jampang part 1 (Cikal Bakal Komunitas di Kawasan Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark)

Susur Pantai Discoverjampang Plateu 
Sudah lama saya pengen jalan dan menghilang dari riuhnya kota yang sejak lama punya kesan individualistis. Dalam bayangan saya, pergi ketempat yang sepi menjauh dari bising, menyusuri jalan yang seakan tak berujung, menghilang diantara rimbunnya pepohonan, menjejakan kaki kedaerah yang asing. 

Adalah DiscoverJampang Plateu, sebuah kegiatan perjalanan dari komunitas yang terbentuk karena kesamaan visi dan misi serta keperdulian akan terjaganya alam pajampangan yang eksotis. Sebuah trip yang saya kira akan diikuti oleh para petualang dari kota untuk melepas bosan dan stress, namun diluar dugaan, yang terlibat dan menjadi peserta adalah anak-anak muda penuh semangat asli tempatan di sekitar lokasi Alam Pajampangan. Saya terhenyak, kaget sekaligus bangga, masih ada generasi muda yang mau mengikuti kegiatan alam yang penuh tantangan serta harus mampu survive dalam keterbatasan.

Alam Pajampangan memang sejak dulu sudah disebutkan oleh para pelancong sebagai Surga wisata alam yang tersembunyi di Selatan Sukabumi. Bahkan, baru-baru ini Wagub Jabar menyebutkan bahwa, "mungkin Tuhan sedang Tersenyum manis saat membuat Alam Pajampangan".  


0 comments: