Mar 8, 2010

Jampang Musik Festival 2010 : Ajang musik bergengsi di Pajampangan Sukabumi Selatan ?

pamplet Jampang Music Fest 2010
Sukabumi mungkin tidak sehebat Bandung yang banyak menghasilkan group musik papan atas, atau tak se menggeliat Lampung yang menggebrak dengan band band nasional melalui celah indie Band. Namun, perlu dicatat bahwa ada beberapa group Band Sukabumi yang sudah malang melintang di ranah musik tanah air, sebut saja misalnya vagetos dan sabumi. 

Sukabumi sebagai kota kecil diantara 3 kota besar yaitu Bandung, Jakarta dan Bogor, memang tak se heboh 3 kota tersebut kemajuannya atau bahkan bisa dibilang tertinggal jauh. Kota yang identik dengan tempat dingin untuk beristirahat, dengan sugudang lokasi wisata ternyata tidak mampu berbuat banyak menjadi kota yang dikenal di nusantara. 

Musik dalam ranah gaya hidup remaja menjadi barometer kemajuan suatu kota, sebut saja Bandung dan  Surabaya yang sudah mengukuhkan diri sebagai kota yang paling produktif melahirkan group musik papan atas dengan kualitas tak diragukan. Beberapa kota mencoba mengikuti seperti Bandarlampung, Medan, Makasar, Jogjakarta dan kota kota lainnya memunculkan band band yang memiliki nilai jual sehingga mampu menggebrak musik tanah air.

Festival Musik sendiri merupakan sebagai media memunculkan bibit musikus tanah air sangat berperan dalam menggenjot kualitas dan kuantitas Band di Indonesia. Bandung, Jakarta dan Surabaya memang gudangnya event Musik sehingga melahirkan jawara jawara band yang siap menghentak belantika musik Indonesia. Festival Musik sendiri menjadi media adu gengsi Band, dan sebagai stimulus kemajuan musik tanah air.

Wilayah Pajampangan yang merupakan wilayah yang sedikit terisolir di Kabupaten Sukabumi  pun memiliki potensi musik yang tinggi. Munculnya studio musik dibeberapa kecamatan, dan antusias remaja dalam mengikuti event musik menjadi modal awal untuk membangkitkan ruh musik di Sukabumi. 

Ajang Festival Musik menjadi sebuah jawaban atas keinginan untuk melahirkan band band ternama yang siap menggebrak belantika musik tanah air dari Sukabumi, pajampangan yang eksotis dan kaya potensi wisata perlu di kibarkan melalui Ajang Musik sehingga nama Pajampangan dikenal ke seantero negeri dan mampu menjadi wilayah yang dibanggakan di selatan Jawa Barat.

Jampang Musik Festival 2010 sebagai ajang musik lokal, namun memiliki cita cita global dalam menghantarkan potensi potensi lokal ke ranah global. Gabungan generasi Muda pajampangan (GARDAN) dalam hal ini mencoba menjadi motor dalam menggerakan potensi pemuda yang memiliki nilai tawar dan memiliki potensi yang siap dikembangkan menjadi sebuah sumber daya manusia yang berkualitas, menghadirkan sebuah event yang diharapkan melahirkan jawara jawara musik yang mampu berbicara bukan hanya ditingkat lokal  tapi menjadi trendsetter musik nasional, SEMOGA.

0 comments: