Dec 1, 2012

Yuk kita ramaikan One Day One Post!

Salah satu koleksi foto yang tak termanfaatkan -
Konser Andi /rif di SMS adventure Selabintana
-/foto taken by Mangyoys
Entah kenapa saya mulai berpikir, saya sudah terlalu banyak berjalan, terlalu banyak informasi yang masuk di kepala, terlalu banyak bahan untuk menulis yang seharusnya dikeluarkan satu demi satu dalam sebuah tulisan di blog. Ini sebuah kesalahan! ya, kesalahan dari pemikiran saya tentang menulis, harus banyak informasi sehingga saya bisa menghasilkan tulisa yang kaya!

Ini jelas-jelas sebuah kesalahan yang sangat akut, karena saya ternyata benar-benar tidak menuangkan dalam tulisan-tulisan yang panjang dan detil dari apa yang sudah saya lakukan dan saya lihat. Ketika sudah terlalu banyak info, seharusnya saya menghasilkan banyak tulisan, banyak ide yang di bagikan, banyak cerita yang tersampaikan, dan tentunya banyak foto terpajang di blog ini.

Saya mulai merasa kesal, ribuan foto terkoleksi tanpa mampu di manfaatkan. Kegalauan melanda, gak habis pikir dengan kondisi saya sendiri, cerita yang penuh dalam kepala tentang ratusan kilometer jalanan yang sudah ditempuh, puluhan kepala manusia yang pernah dikenal tak mampu menjadi bumbu cerita perjalanan yang seharusnya di ramu di blog ini, ini sungguh keterlaluan!

Eh, ini sebenernya tulisan tentang apa sih? duh saya mulai bingung sendiri, bahkan untuk tulisan curhat ini saya jadi dibawa bingung. Padahal, saya sendiri pernah menuliskan di blog ini tips menulis  ketika tidak ada ide sekalipun. Salah satu yang saya sarankan ketika bingung menulis juga saya bagikan di postingan lain, yaitu menjadikan foto koleksi yang tidak termanfaatkan untuk menjadi bahan tulisan sehingga tips itu sendiri ternyata menghasilkan sebuah tulisan yang lumayan ngisi kekosongan di blog saya ^_^.

Mari kita kembali ke poin tentang terlalu banyak di atas, ya ketika sesuatu yang kebanyakan memang tidak baik menurut saya, apalagi sesuatu yang banyak itu tidak mampu saya manfaatkan. Terlalu banyak cerita yang saya dapat, namun cerita tak mampu terangkai indah kemudian jadilah catatan-catatan perjalanan yang ditunggu pembaca blog. Terlalu banyak informasi yang terlewatkan, padahal info mulai datang bahkan dalam hitungan menit yang terjaring dalam media twitter. Terlalu banyak momen yang terekam dalam sebuah prame foto, namun justru hanya menjadi koleksi dan unjungnya membuat hardisk kepenuhan saja, ya beneran loh!

Oke, saya punya solusi manis, minimal ini solusi yang cukup adil diutarakan untuk saya jadikan sebuah komitmen diri, syukur-syukur jadi inspirasi untuk yang lain yang merasakan hal sama dengan saya. Mencoba memberikan jalan keluar dari masalah yang menurut saya terlalu jauh keluar dari yang seharusnya saya lakukan. Jadi, solusi apa itu? 

One Day One Post, ini sebenernya ide lama dan sudah banyak orang yang gunakan. Bahkan gerakan ini sudah dijadikan program oleh wordpress.com sehingga para blogger yang berkomitmen untuk menulis setiap hari memasang badge yang di luncurkan resmi oleh wordpress, kemudian tulisan-tulisan dari member yang memasang badge terkumpul dalam halaman khusus wordpress, silahkan ceck disini.

Bagaimana dengan "one day one post" versi saya? sama saja sih, cuman saya coba gulirkan di group Komunitas Blogger Sukabumi "BumiBlogger" yang saat ini dilanda kegalauan karena para member mengharapkan pengurus mengelolanya secara maksimal sehingga mereka hobi ngeblog dan berkomunitasnya tersalurkan. Oke, jadi ide ini mari kita mulai di awal bulan yang indah ini, itung-itung mengakhiri tahun dengan bulan penuh artikel blog, kenapa tidak?



2 comments:

Anonymous said...

Saya berkomitmen untuk one day one post. Banyak yang terjadi di sekitar, sayang kalo tidak diabadikan kedalam postingan di blog. Berkesan ngacapruk? Ah, sawios Kang pokokna niat nulis harian terlaksana.
Maju terus Kang Gerry dg blog nya juga dg komunitas blogger sukabumi nya. Salut...
Salam blogger...

indobrad said...

wohoho selamat ya. dulu pernah saya lakukan ini pas awal tahun 2011, sempat bertahan sebulan sih. semangat!