Aug 30, 2018

Plan trip to Jember - Blogger Jember Sueger Camp 2018 #jembermakinrame

Plan Trip to Jember with Train
Setelah hiatus cukup lama, hampir 5 bulan dari Trip Blogger terakhir di bulan Maret saat "Melancong, Berkemah dan Peduli Lingkungan bareng Mercy Corp Indonesia di DAS Garang" bareng Blogger Desa Wisata Kota Semarang dan sekitarnya, akhirnya saya kembali bisa terpilih untuk jadi bagian dari 15 Blogger terpilih se-Indonesia jalan-jalan bareng Blogger Jember untuk nyari yang sueger-sueger, eh maksudnya untuk mengikuti Sueger Camp 2018.

Walopun, sebulan yang lalu saya baru saja melancong juga ke Jawa Timur ini, tepatnya ke Festival Kasada Bromo, di Probolinggo bareng Genpi Indonesia dan Kementrian Pariwisata Indonesia yang saya ulas di sini dan di sini. Namun rasanya kurang lengkap, karena perjalanan bukan bareng sesama teman-teman 1 passion ngeblog, lebih seperti turis beneran tapi dengan banyak deadline draft kerjaan yang dibebankan sebagai pengganti jalan-jalan gratisan.

Blogger Jember Sueger Camp 2018 #jembermakinrame





Alhamdulillah saya terpilih dari jutaaan beberapa blogger yang mengikuti seleksi untuk dipilih jadi 15 Blogger terpilih se-Indonesia yang akan difasilitasi Jalan-jalan di Kota jember untuk mendukung #jembermakin rame bareng Blogger Jember Sueger Camp 2018. Tentunya ini bukan main-main, saya cek yang terpilih merupakan blogger-blogger kece se-Indonesia dan bukan sembarang blogger. 

Tercatat nama-nama seperti Kak Terry Endropoetro, Kak Salman dan Kak Arisman dari Jakarta, Teh Ncie Hanie dan Evi Srirezeki dari Bandung yang kece badai, ada Budiono sang Youtuber Kuliner dari Surabaya, dan beberapa blogger dari Jakarta, Semarang, Surabaya dan beberapa kota di Jawa Timur yang belum saya kenal lebih jauh tentunya.

Kembali ke Plan Trip to Jember ini, menuju Jember sengaja saya mencari moda yang murah namun layak untuk jalan bareng temen-temen blogger seperjalanan dari Bandung. Ada 2 tahapan untuk sampai ke Jember dari Bandung dengan moda Kereta Api tentunya sebagai pilihan.

Perjalanan Bandung ke Cilacap menggunakan KA Kutojoyo Selatan

Stasiun Kroya melalui Screenshoot Map Google Location
Demi ketepatan waktu dan ongkos yang minimalis, saya memilih perjalanan ke Jember melalui Kota Bandung dengan Pilihan moda Kereta Api Kutojoyo Selatan yang berangkat jam 21.00 dari Stasiun Kiara Condong yang berakhir di Cilacap. Kenapa pilih Cilacap? karena saya kebetulan mendapat recomendasi dari aplikasi Traveloka untuk trip ke Jember salah satu pilihan yang pas adalah transit Cilacap baru dapet KA yang menuju Jember.

Menurut Wikipedia, Stasiun Kroya adalah stasiun kereta api kelas besar tipe B yang terletak di Bajing, Kroya, Cilacap. Stasiun yang terletak pada ketinggian +11 meter ini termasuk dalam Daerah Operasi V Purwokerto.

Perjalanan yang ditempuh sekitar 6 jam kurang, yakni perkiraan sampai di Stasiun Kroya di Cilacap adalah pukul 02.47 dengan ongkos per orang untuk kelas Ekonomi adalah Rp. 62.000, -. Lumayan lah dipake untuk istirahat dalam perjalanan Kereta Malam dari Bandung -Jawa Barat ke Cilacap -Jawa Tengah.

Perjalanan Cilacap ke Jember menggunakan KA Logawa

Stasiun Jember melalui screenshot map Google dan Wikipedia
Perjalanan panjang dan pasti melelahkan akan kita arungi di pagi hari sampe malam, kira-kira membutuhkan waktu 14 jam kurang menikmati indahnya jalur selatan Jawa Tengah dan Jawa Timur dari pagi sampe malam. 

Kereta Api Logawa yang akan kami tunggangi berangkat pukul 05.59 pagi-pagi buta, itu artinya saya akan terdampar di Stasiun Kroya Cilacap selama 3 jam menunggu keberangkatan. Kereta pagi dari Cilacap keberangkatan jam 05.59 ini akan berakhir di Stasiun Jember pukul 19.35 malam hari.

Menurut Wikipeda berbahasa Indonesia, Stasiun Jember (JR) adalah stasiun kereta api kelas besar yang terletak di Jemberlor, Patrang, Jember. Stasiun yang terletak pada ketinggian +89 meter ini merupakan stasiun terbesar yang berada dalam pengelolaan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi IX Jember. Stasiun ini berlokasi tidak jauh dari alun-alun kota Jember.

Empat belas jam perjalanan di KA Logawa ini hanya mengeluarkan ongkos Rp. 74.000,- untuk kelas Ekonomi, ini sangat-sangat murah mengingat lamanya perjalanan yang dua kali lipat lebih perjalanan dari Bandung ke Cilacap dengan perbedaan harga cuman 10 rebuan, Wow!

Jadi, Total biaya ongkos keberangkatan adalah Rp. 136.000,- Bandung ke Jember.

Semoga, perjalanan ini lancar dan tidak membosankan selama perjalanan dan bisa memberikan cerita perjalanan yang berkesan dan penuh hikmah. Tunggu yah cerita Melancong bareng Pelancong Indonesia kali ini ke salah satu kota yang lebih populer dengan event tahunan Jember Fashion Karnival, yang sayangnya sudah berlangsung awal bulan yang lalu yakni 7 - 12 Agustus 2018 baru saja JFC dilangsungkan.

Melancong Yuk menyusuri indahnya Pesona Indonesia, Melancong bareng Pelancong Indonesia.


4 comments:

Didik Jatmiko said...

Sampai ketemu di Jember ya Kang Gery :) #JemberMakinRame ini juga lagi siap-siap untuk Goes to Jember

diane said...

Mantaappp selamat melancong...

Geri Sugiran AS said...

makasih kak @didik atas kunjungannya, sampai ketemu di #jembermakinrame yah ..

kak @diane salam kenal dan sampe ketemu di jember yah

Nia Nurdiansyah said...

Rutenya panjang juga untuk bisa sampai ke Jember yaah